Cari Blog Ini

Senin, 10 September 2018

MENGENAL SEJARAH ILMU BANGUNAN



Bangunan adalah hasil karya manusia yang terdiri dari berbagai macam material yang disusun satu dengan yang lain dan satu dengan yang lain saling melengkapi sehingga terwujud sebuah bentuk yang diinginkan sesuai dengan peruntukannya. Contoh : candi, tugu, menhir, rumah, gedung, bendungan dll. Di jaman modern saat ini sebuah bangunan dibuat terdiri dari banyak komponen material seiiring dengan perkembangan teknologi pemasangannya, teknologi pembuatannya, perkembangan arsitektur dan kebudayaan manuasia.

Manusia sudah mengenal pembuatan bangunan sejak jaman sebelum masehi terbukti dari banyak ditemukannya situs-situs berupa tempat pemujaan (batu menhir), punden, colosseum di Italia, stone henge di Inggris, piramida di Mesir dan bangunan-bangunan kuno lainnya yang terdapat diberbagai Negara. Tentu saja bentuk dan fungsi bangunan yang ditemukan tersebut sangat berhubungan dengan sejauh mana tingkat peradapan dan kebudayaan setempat.

                                                  Situs Gunung Padang di Cianjur

            
                                                         Colosseum di Italia
                                                              Stonehenge di Inggris

                                                                 Piramida di Mesir

Dalam ilmu bangunan modern tentu saja kita banyak dipengaruhi dan belajar dari peradapan eropa yang dibawa oleh para penjajah antara lain Portugis, Belanda dan Inggris. Sebelum penjajah datang bangsa kita belum mengenal material perekat yang kuat, mudah pemasangannya dan tahan lama seperti semen, kalau kita belajar sejarah kerajaan nusantara yang sudah ada sejak sebelum masehi dan awal masehi tidak ada peninggalan bangunan kerajaan yang masih berdiri utuh, contoh kerajaan sriwijaya, majapahit, mataram kuno, bangunan dari kerajaan-kerajaan tersebut tidak ada "bekasnya", peninggalan dari kerajaan tersebut yang masih bisa kita nikmati adalah candi terbuat dari batu yang disusun simetris dan candi dari bata merah (peninggalan Majapahit), lalu dimana bangunan kerajaannya berada? sudah hilang....ya sudah hilang dimakan waktu karena kebanyakan bangunan tempat tinggal waktu itu terbuat dari kayu dan pada jaman majapahit sudah mengenal bata merah tapi belum mengenal material perekat yang kuat seperti semen.
                                                               Candi Borobudur

                                                     Candi Brahu di Trowulan, Mojokerto

Lalu datang Belanda yang membawa teknologi bangunan dengan material perekat yang kuat dan teknologi metalurgi yang bisa membuat profil Baja untuk struktur. Di Paris sudah dibanggun Menara Eiffel pada tahun 1889 yang merupakan bangunan struktur Baja tertinggi pertama di dunia.

                                                            Menara Eiffel di Paris
 Saat ini kita masih bisa menikmati bangunan keraton Kasunanan Solo dan Kesultanan Yogya karena di dua kerajaan tersebut sudah menggunakan teknologi perekat yang kuat dan permanen. Bahan perekat yang dominan bubuk bata merah dan kapur.



                                       Keraton Kasunanan Solo Mulai Dibangun Tahun 1744


                                   Keraton Kesultanan Yogyakarta Mulai Dibangun Tahun 1755
Lalu kita masih bisa menikmati dam-dam dan jembatan buatan Belanda yang masih berdiri kokoh sampai saat ini, atau kalau kita pergi ke kota tua Jakarta atau Semarang kita masih bisa menikmati bangunan gedung buatan Belanda yang masih berdiri kokoh walaupun usianya sudah ratusan tahun.


                                   Museum Fatahilah di Kota Tua Jakarta Dibangun Tahun 1707


                               Jembatan kereta api Cikubang, Purwakarta Dibangun Tahun 1903

Saat ini seiring dengan perkembangan teknologi yang sudah dikuasai oleh peradaban manusia, baik teknologi perhitungan strukturnya, teknologi pembuatan materialnya sampai dengan teknologi pemasangannya maka kita bisa menyaksikan "perlombaan" pembuatan gedung pencakar langit di berbagai kota besar di dunia.


                                                  Burj Khalifa Gedung Tertinggi di Dunia

                                                             Gedung BNI 46 di Jakarta



                                                    Daftar Gedung Tertinggi di Dunia

Selain gedung seolah perkembangan teknologi sudah tidak terbendung lagi. Kita juga bisa menyaksikan terowongan bawah laut yang menghubungkan Inggris dengan Eropa Daratan, dam pembangkit listrik tenaga air terbesar, jembatan gantung terpanjang di Amerika, kanal penghubung atau terusan yang kita kenal saat ini yaitu Terusan Suez dan Panama bahkan yang lebih "gila" lagi manusia bisa membangun Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS : International Space Station) dll.


                                                              Terusan Panama


                                                   Dam Pembangkit Listrik Terbesar


                                                    Jembatan Gantung Terpanjang


                                                     International Space Station

Manusia diciptakan oleh Tuhan sebagai makluk yang sempurna yang mempunyai akal budi yang pasti tidak akan pernah berhenti berinovasi. Saya pastikan kita akan terus menyaksikan kehebatan-kehebatan lainnya, bisa dari orang lain atau bisa juga dari kita.

Terima kasih, semoga bermanfaat dan mohon koreksinya jika ada kesalahan.

PRESENTED BY :


EPABA TAMA :

MELAYANI DESIGN, BORONG BANGUNAN DAN RENOVASI RUMAH DAN RUKO AREA JABODETABEK & SUKABUMI

TELP / WA : 081381034463



Tidak ada komentar:

Posting Komentar